Mohamed Salah Jadi Nama Sekolah di Mesir

Mesir menjadi satu negara bagian Afrika yang dikenal memiliki sejarah panjang, kini satu kisah yang akan abadi adalah sebuah sekolah di negara mereka rela mengganti namanya menjadi mohamed Salah usai pemain Liverpool tersebut muncul sebagai pahlawan kelolosan Mesir ke Piala Dunia 2018 Rusia.

Akhir pekan kemarin, tepatnya pada tanggal 8 Oktober 2017 akan selalu menjadi tanggal istimewa publik Mesir. Dimana mereka menyambut hangat pertandingan krusial melawan Kongo dilaga pamungkas babak kualifikasi Piala Dunia 2018 grup E zona Afrika.

Dalam laga yang digelar di Borg El Arab, Mesir menjadi tuan rumah dan menargetkan kemenangan untuk mendapat satu tiket sisa menuju Rusia. Memulai laga dengan sangat kaku, Mesir pada akhirnya mampu memecah kebutuan pada menit ke-63 melalui sepakan indah Salah.

Keunggulan Mesir pun tak bertahan lama, Kongo berhasil memanfaatkan kelengahan Mesir dengan sukses mencetak gol pada menit-menit akhir melalui
sepakan Arnold Bouka Moutou. Laga yang diprediksi akan berakhir dengan skor imbang ini akhir berubah dalam hitungan detik.

Mendapat hadiah penalti karena pemain Kongo melakukan pelanggaran terlarang dalam kotak penalti. Mesir pun menunjuk Salah sebagai eksekutor dan berhasil menuntaskan tugasnya pada menit ke-95 dengan menendang keras ke arah gawang kiper Kongo.

Gol sakral tersebut lantas membuat para pendukung Mesir girang sembari terharu. Bagaimana tidak, tim kesayangan mereka pada akhirnya kembali berlaga dipentas tertinggi Internasional macam Piala Dunia setelah terakhir kali terjadi pada tahun 1990.

Salah lantas mendapat sanjungan besar dari publik Mesir dan tak jarang pemain Liverpool ini dijuluki sebagai pahlawan Mesir. Bukan main, beribu pujian masuk ke Salah dan satu kejadian yang membuat Salah terharu adalah bentuk penghormatan kepada Salah berupa pengubahan sebuah nama sekolah di kota Basyoun. Sekolah itu langsung mengubah namanya menjadi “Mohamed Salah”.

Sekolah Mohamed Salah

Mendapat laporan langsung dari Gubernur Gharbia, Ahmed Deif menyatakan jika sekolah tersebut adalah tempat Salah menimba ilmu di usia dini. Basyoun sendiri adalah kota kelahiran Salah. Tak ada yang bisa menepis persembahan tersebut, disepanjang pertandingan kemarin Salah tampil sangat luar biasa.

Sepanjang pargelaran kualifikasi Piala Dunia, dia sudah mencetak lima gol dan dua assist dalam lima pertandingan. Secara keseluruhan, Salah sudah menjalani 56 laga bersama timnas Mesir dengan mengoleksi 32 gol. Tak berhenti sampai disitu saja, Salah juga masuk dipenghujung pemecahan rekor gol terbanyak Mesir yang dipegang oleh Hossam Hassan dengan 69 gol.

Leave a Reply